Rekomendasi Modul WiFi Untuk Project IoT "Jangan Sampai Salah Beli !!!"

www.tutorialiot.com

Jika kalian berencana untuk membuat project IoT (Internet of Things) menggunakan jaringan WiFi maka berikut ini adalah rekomendasi beberapa modul yang sudah teruji dan nggak akan mengecewakan kalian. Keuntungannya adalah :
1. Mudah digunakan
2. Tegangan operasi 5 volt, bisa langsung dicolokin ke laptop/komputer tanpa USB TTL
3. Nggak usah pencet tombol booting saat upload program seperti ESP32 Devkit 1
4. Low Power, bisa hidup sampai bertahun-tahun
5. Dilengkapi port baterai Li-Po
6. dll

A. DFRobot Firebeetle


Modul WiFi yang dikeluarkan oleh DF Robot khusus diciptakan untuk project low power, modul ini hampir sama dengan ESP32 Huzzah dimana perkiraan konsumsi baterai sebesar 4800 mAh akan habis dalam waktu 1 tahun, dalam perhitungan yakni 478 hari 20 jam.
Fitur yang ditawarkan dalam board ini sama dengan modul WiFi yang lain yakni sesuai dengan chip induknya ESP32.
Harga : 380.000
Lokasi  : Bandung Jawa Barat
Stock    : Ready

B. Wemos Lolin32 v1.0.0



Modul WiFi ini dibuat langsung oleh produsen chip induknya yakni ESP32, secara perhitungan konsumsi energi, modul WiFi ini lebih baik dari pada versi Lite yang dikeluarkan akhir ini. Dimana dengan menggunakan baterai 4800 mAh akan habis dalam waktu sekitar 1 tahunan, lebih tepatnya 306 hari 2 jam.

Fitur Wemos Lolin32 lebih lengkap dari pada versi lite terbarunya, hal ini dapat dilihat dari jumlah pin dimana versi Lite menghilangkan komunikasi UART-nya.

Harga    : 149.000
Lokasi  : Batam
Stock    : Ready

C. ESP32 Sparkfun



Modul WiFi berwarna merah yang dikeluarkan oleh Sparkfun bisa terbilang sangat mumpuni jika dilihat dari spesifikasi yang ada didalam web resminya, modul WiFi ini hanya menggunakan 2,5 uA dalam keadaan Deep Sleep, dimana dengan konsumsi energi sekecil itu bisa digunakan dalam jangka waktu yang panjang dan hampir mengalahkan produk DFRobot dan Huzzah yakni 425 hari 23 jam, tentunya dengan perhitungan dalam kadaan deep sleep mode, modul ini sudah mengalahkan DFRobot dan Huzzah, namun dalam produksi dan percobaannya banyak sekali pembeli yang complain terhadap konsumsi energi yang digunakan dalam keadaan deep sleep, hal ini telah dibahas dalam forum Sparkfun dan ESP32, pembeli harus melakukan modifikasi sendiri terhadap board WiFi tersebut.



Harga      : 375.000
Lokasi   : Surabaya
Stock    : Ready


D. Wemos Lolin32 Lite


Modul Wifi ini merupakan versi terbaru dari Wemos Lolin32, namun memiliki ukuran yang lebih simpel dan kecil, cocok dipasang pada Project board langsung, pin yang dihilangkan pada board ini adalah komunikasi UART, sehingga tidak ada pin TX dan RX pada modul ini. dalam percobaannya, modul ini sudah cukup Low Power, jarak recharge bisa sampai 2 bulan.

Harga  : 87.000
Lokasi : Yogyakarta
Stock   : Ready

Beberapa link diatas bukan milik penulis, dan itu merupakan marketplace dimana penulis biasa melakukan pembelian modul, penulis menyarankan karena sudah riset harga, kualitas produk, serta keramah tamahan penjualnya. Terimakasih

Post a Comment

0 Comments