Tutorial IoT - Langkah Mudah Cara Mengendalikan Motor Servo Melalui Telegram

www.tutorialiot.com

Asslamualaikum wr. wb

Buat kakak yang cinta dengan hal-hal berbau robotik pasti sudah tidak asing lagi dengan alat yang bernama motor Servo, DC, dan Stepper, ketiga alat ini merupakan alat penggerak yang umum dipakai oleh pecinta robotika, bahkan tanpa alat tersebut robot tidak akan bergerak, hehehe

Nah lantas bagimana jika kita yang selama ini hanya mengandalkan sensor atau bluetooth untuk menggerakkan motor servo, apakah ada cara lain? Inilah jawabannya "Cara Mengendalikan Motor Servo Melalui Telegram" simak lagkah-langkahnya di bawah ini :

Persiapkan alat dan bahan :

1. ESP32 Devkit
2. Motor Servo
3. Kabel Jumper
4. Smartphone
5. Apps Telegram
6. WiFi (Hostspot HP)

Seperti pada tutorial sebelumnya Cara Menggerakkan Motor Servo Melalui Aplikasi Blynk, rangkaiannya tetap saja sama seperti gambar dibawah ini :

Setelah selesai menghubungkan motor servo seperti gambar diatas, buatlah akun bot Telegram, berikut ini adalah langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi Telegram
2. Pada kolom pencarian, ketik “BotFather”

3. Mulai percakapan dengan akun tersebut dengan mengetikkan kata “/start”, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.

4. Kemudian ketik “/newbot” dan akan muncul pemberitahuan seperti gambar dibawah ini.
5. Masukkan nama akun bot notifikasi yang akan di gunakan untuk menerima data anomali, perhatikan gambar dibawah ini.

6. Apabila sudah menerima balasan dari “BotFather” seperti gambar di atas, masukkan sekali lagi nama akun bot yang telah dibuat dan akhiri dengan kata ‘bot’, contoh “notifikasi_sensor_bot”, nama tersebut merupakan sebuah “Username”, perhatikan gambar di bawah ini.

7. Ketika pembuatan akun bot sudah selesai, maka akan muncul sebuah balasan yang di dalamnya terdapat sebuah token untuk mengakses API HTTP, perhatikan kotak berwarna merah yang ada pada gambar di atas.
8. Kembali ke kolom pencarian dan ketik Username akun ‘bot’ yang sudah dibuat, contoh “notifikasi_sensor_bot”, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

9. Pada akun tersebut user akan menerima segala pemberitahuan yang dikirimkan oleh device.
10. Agar dapat meneria pesan secara otomatis, dibutuhkan sebuah ID akun telegram, ID ini bisa didapatkan dengan cara ketik “IDbot” di kolom pencarian, perhatikan gambar di bawah ini.

11. Mulai percakapan dengan akun tersebut dan ketik kata “/start”, maka akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini.
“IDbot” merupakan sebuah akun ‘bot’ yang dapat memberikan informasi ID Telegram , ID ini digunakan sebagai pengganti ‘Username’ dalam langkah pembuatan kode program notifikasi sensor.

12.Selanjutnya ketik kata “/getid” untuk mendapatkan ID Telegram, perhatikan gambar di bawah ini. 

Setetelah akun bot Telegram selesai dibuat, langkah selanjutnya yaitu membuat kode program yang kemudian di upload ke board ESP32, persiapkan library UniversalTelegrambot, dan Motor Servo klik saja tulisan berwana hijau untuk download library, untuk contoh kode program yang sudah jadi, temen-temen bisa mendownloadnya disini, filenya saya taruh di google drive.

Selamat mencoba temen-temen, semoga sukses

Hasil Uji Coba





Post a Comment

2 Comments

  1. Nomor wa or telegramnya gan?? Salam kenal dari semarang. Mohon bimbingananya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Telegramnya @mazatlumm mas, silahkan tanya sepuasnya😁

      Delete