Tutorial Membuat Bot Telegram Untuk Sensor dan Kontroller Project IoT

www.tutorialiot.com

Saat ini Telegram sudah semakin tenar, apalagi di telinga pecinta Internet of Things, pastinya dengan aplikasi yang satu ini, perangkat-perangkat IoT yang dibuat pasti menjadi semakin keren. Trus bagaimana cara menghubungkan perangkat IoT dengan Telegram, simak langkah-langkahnya berikut ini:

Langkah Umum :

1. Buatlah akun Telegram di web resminya disini.
2. Pendaftaran akun Telegram sama seperti temen-temen daftar facebook/Instagram, mudah kok
3. Setelah selesai membuat akun Telegram, jangan lupa mendownload aplikasi Telegram di smartphone, cari aja di playstore, pasti ada, kalau nggak ada berarti paketan dah habis, beli di konter dulu.

Langkah Spesifik :

1. Buka aplikasi Telegram di smartphone atau PC/Laptop, saya saranin pakai Lapotop/PC karena langsung berhubungan dengan programming.

2. Pada kolom pencarian seperti gambar di bawah ini, ketik "BotFather" setelah muncul akunnya klik aja dan mulai percakapan, biasanya ada tombol Start berwarna biru, klik aja ya...

3. Setelah tmen-temen klik tombol Start berwarna biru atau menulisnya secara manual di percakan seperti ini "/Start" maka akan keluar balasan seperti pada gambar di bawah ini.


4. Kemudian keti di kolom percakapan "/newbot" maka akan keluar balasan seperti di bawah ini.

5. Masukkan nama akun Bot yang akan temen-temen pakai pada perangkat IoT, perhatikan gambar di bawah ini.

6. Lalu masukkan nama Bot sekali lagi dengan akhiran 'bot', contoh seperti yang ada pada gambar di bawah ini.
7. Secara otomatis BotFather akan mengirimkan balasan berupa keterangan akun bot beserta API Tokennya, nah token inilah yang akan temen2 gunakan untuk berkomunikasi dengan perangkat IoT, disimpan ya.

Apakah Sudah Selesai?......

Belum selesai kak!!!  Langkah selanjutnya adalah mencari ID Telegram kita, tanpa ID tersebut, perangkat IoT tidak akan bisa mengirimkan pesan secara langsung ke Bot Telegram kita

Maksudnya Gimana..?

Artinya jika kita hanya menggunakan API Token yang dibuat oleh BotFather, maka kita hanya bisa menerima pesan dari perangkat IoT ketika kita MULAI CHAT DULUAN, nggak enak kan... hehehe, kayak kita yang butuh gebetan, tapi gebetan nggak butuh kita.

Solusinya Bagaimana?

Siapkan segelas susu hangat dan ketik "IDBot" di kolom pencarian Telegram, perhatikan gambar di bawah ini.

Mulai percakapan dengan mengeklik tombol Start atau tulis "/start" pada kolom percakapan seperti ini.

Selanjutnya ketik "/getid" untuk mendapatkan Nomor ID Telegram temen2, contoh hasil bisa temen2 lihat pada gambar di bawah ini.

Apakah Sudah Selesai?

sudah kakak, selamat yaaaaa. dengan memanfaatkan API Token dan Nomor ID Telegram, kakak sudah bisa berkomunikasi sama gebetan, eeeh perangkat IoT dengan lebih komunikatif lagi.

Post a Comment

0 Comments