Solusi Terbaik Untuk Tombol Boot Yang Menyebalkan Pada ESP32 Dev Kit

www.tutorialiot.com

Cara Mengatasi " Failed to connect to ESP32: Timed out waiting for packet "

Tutorialiot - Bagi para pecinta Internet of Things tentu saja sudah tidak asing lagi dengan board ESP32 Dev Kit, board ini hampir dapat dikatakan sangat memuaskan jika dibandingkan dengan kakaknya ESP8266 atau NodeMCU, yup kalian pasti sudah mengerti keunggulannya, yakni terletak pada jumlah pin digital dan analog yang lebih banyak, serta selisih harga antara kedua board ini berkisar 20rb saja, cocok untuk dijadikan pilihan.

Namun disela keunggulan yang ditawarkan oleh adiknya ESP8266 ini pasti kalian sering direpotkan dengan tombol boot saat ingin mengunggah kode program ke dalam board ESP32, bagaimana tidak, jika tombol boot ini tidak ditekan maka proses upload kode program akan mengalami kegagalan, dan akan muncul tulisan seperti sub judul diatas, repot kan?

Perlu juga temen-temen ketahui jika normalnya board ESP32 Dev Kit harus berada dalam keadaan Flash ketika kalian ingin mengupload program pada board tersebut, berikut ini adalah pesan yang sering kalian lihat ketika lupa menekan tombol BOOT.

A Fatal Error Occured: Failed to connect to ESP32: Timed out waiting for packet

Temen-temen nggak usah khawatir, kali ini tutorialiot akan membantu memecahkan masalah tersebut, sehingga kalian nggak perlu repot-repot menekan tombol boot saat upload program, dan semoga bisa membuat board ESP32 kesayangan kalian dapat berfungsi dengan baik serta tidak merepotkan. Oke langsung saja temen-temen berikut ini adalah komponen dan peralatan yang harus kalian siapkan :

1. Solder
2. Timah
3. Board ESP32 Devkit
4. Kapasitor 10uF

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Caranya sangat mudah, cukup hubungkan pin EN dengan GND menggunakan Kapasitor 10uF, jika kalian ragu dan takut gagal saat  menyolder, atau kalian masih tidak yakin jika cara ini berhasil, langsung saja buat rangkaian seperti gambar di bawah ini.


Setelah selesai membuat rangkaian seperti gambar diatas, coba saja dengan mengupload kode program ke dalam board ESP32 Dev Kit tanpa menekan tombol BOOT , Insyaallah berhasil, karena sudah saya uji cobakan pada beberapa board ESP32 Dev Kit dan semuanya berhasil

Jika temen-temen sudah melakukan uji coba dan berhasil, sudah saatnya memasang kapasitor tersebut agar melekat pada board ESP32, perhatikan gambar di bawah ini supaya bisa dijadikan sebagai referensi pemasangan.


Berikut ini adalah hasil pemasangan kapasitor 10uF pada board ESP32 Dev Kit melalui proses soldering.



Terimakasih sudah membaca arikel di Tutorialiot.com semoga bisa menjadi ilmu yang bermanfaat, jika kakak suka, jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada temen-temen kalian juga ya. Salam Sukses....

Post a Comment

2 Comments