Waspada Hujan Lebat! 5 Perangkat IoT ini Patut Kalian Pasang Di Sekitar Rumah

www.tutorialiot.com

Internet of Things merupakan sebuah terobosan teknologi yang memberikan banyak manfaat, salah satunya adalah terciptanya sebuah sistem yang dapat memberikan kontribusi mitigasi bencana alam khususnya banjir yang datang setiap tahun saat musim hujan.

Setiap akhir dan awal tahun negara kita Indonesia tercinta selalu diguyur oleh hujan, beberapa daerah yang terkena guyuran hujan akan mendapatkan pasokan air yang berlimpah, namun ada juga yang kebanyakan dan akhirnya banjir, hehehe.

Sebagai manusia yang memiliki perasaan, tentunya kita merasa prihatin atas bencanan banjir yang menimpa saudara-saudara kita. Negara ini memiliki potensi untuk menanggulangi benacana tersebut, namun masih belum sepenuhnya SDM yang handal memberikan kontribusi berupa alat yang dapat mendeteksi datangnya bencara secara dini (Early Warning System).

Dengan menggunakan semangat 45, kita harus bisa membuat alat yang mampu menyelamatkan banyak nyawa saudara kita. Ok langsung saja, berikut ini adalah alat yang bisa dijadikan referensi untuk project IoT kita selanjutnya, perangkat yang berada pada daftar di bawah ini masih dalam tahap prototipe dan pembelajaran, semoga bermanfaat :

1. Alat Pengukur Intensitas Curah Hujan Online
2. Alat Pengukur Tinggi Muka Air Sungai Online
3. Alat Pengukur Tinggi Muka Air Laut Online
4. Peringatan / Notifikasi Serentak ke Seluruh Smartphone Massal sebagai Mitigasi Bencana
5. Pembuka dan Penutup Otomatis Pintu Air Sungai Berdasarkan Debit dan Ketinggian Air

Sebagai langkah awal, untuk membuat 5 jenis alat tersebut tidaklah mudah. Dibutuhkan kerja keras dan tekad yang kuat agar sistem yang dibuat dapat menjadi sarana untuk menyelamatkan masyarakat dari bencana. Dimulai dari bereksperimen, berikut ini adalah bahan-bahan yang harus dipersiapkan:


  1. Alat Pengukur Intensitas Curah Hujan Online bisa dibuat dengan menggunakan komponen antara lain: Arduino Mega/Uno/Nano, Bucket Sensor Curah Hujan, Module SIM808 GPRS, Kartu Perdana Aktif.
  2. Alat Pengukur Tinggi Muka Air Sungai dan Laut dapat dibuat dengan menggunakan komponen antara lain: Arduino Mega/Uno/Nano, sensor Max Sonar, Module SIM808 GPRS, Kartu Perdana Aktif
  3. Peringatan Notifikasi Bencana di Smartphone dapat dibuat menggunakan beberapa komponen diatas, inti dari proses peringatan tersebut adalah ketika terjadi perubahan data yang tidak wajar, maka perangkat IoT tersebut akan mengirimkan notifikasi secara serentak ke seiap gadget masyarakat, aplikasi yang paling saat ini mudah digunakan sebagai pengingat adalah Telegram.
  4. Pembuka dan Penutup Otomatis Pintu Air Sungai dapat dibuat dengan menggunakan komponen antara lain: Arduino Mega/Uno/Nano, Sensor Max Sonar, Sensor Debit Air, Motor Listrik AC, Rangkaian Gearbox, dan Modul Relay. Data yang dikirimkan ke sistem monitoring adalah Tinggi Muka Air, Debit Air, Kondisi Pintu Sungai (Close/Open), Waktu terakhir sistem bekerja.
Beberapa gagasan diatas merupakan sebuah terobosan yang seharusnya bisa kita buat, sehingga mampu memberikan manfaat untuk masyarakat luas. Pada postingan yang akan datang, akan kita kupas tuntas bagaimana cara membuat ke 5 sistem yang sudah disebutkan diatas.
  


Post a Comment

0 Comments

close
www.tutorialiot.com