Belajar Elektronika Industri Masa Depan (Internet of Things)


Sekilas Tentang Elektronika

Elektronika merupakan sebuah nama yang sering digunakan untuk menyebutkan suatu hal yang berhubungan dengan kelistrikan, selain itu elektronika juga merupakan sebuah bidang ilmu yang mengkaji bagaimana sebuah alat dapat bekerja menggunakan perpindahan elektron yang muncul akibat adanya perbedaan potensial.

Elektronika sudah dipelajari oleh para ahli dari sebelum jamannya Nikola Tesla yakni seorang ilmuan yang menemukan bola lampu, awalnya dia hanya berniat untuk membuat malam seolah-olah dapat dilihat seperti siang, dengan keahliannya dalam menciptakan suatu hal akhirnya dia mampu menciptakan sebuah bola kaca yang dapat bersinar, dan sekararng disebut dengan lampu.


www.tutorialiot.com

Elektronika Saat Ini

Setelah penemuan Bohlam yang dibuat oleh Nikola Tesla, ilmu di bidang eletronika berkembang begitu pesat, hal ini langsung mempengaruhi sektor industri, dari semula yang awalnya bekerja dengan teknologi mekanik dan mesin uap (Industri 1.0), kemudia berkembang kedalam industri yang sudah dilengkapi dengan teknologi arus listrik, sehingga pekerjaan dapat dilakukan lebih cepat dan muncullah yang namanya mass production (Industri 2.0), 

Setelah itu teknologi elektronika berkembang lagi dan akhirnya ditemukan sebuah komputer, dimasa ini komputer menjadikan seluruh sektor industri bekerja semakin cepat dan rapi, dan muncullah sebuah nama besar yakni Apple dan Windows yang sampai saat ini produk komputer mereka telah menguasai pasar dunia (Industri 3.0).

Sampailah kita pada Industri 4.0 dimana hampir semua kecanggihan akan muncul pada era ini, setiap sistem elektronika yang semula hanya dapat bekerja secara manual saat ini sudah berkembang ke dalam sistem otomatis yang dilengkapi dengan (AI) Artificial Intelegence, hal ini akan membuat alat dapat bekerja layaknya manusia, dan bahkan dapat bekerja lebih cepat dari pada manusia. Semua peralatan elektronik pada era ini akan terhubung dengan jaringan internet, yang memungkinkan kita untuk melakukan pengawasan dan kontrolling dari manapun.



Elektronika Masa Depan

Secara logika, kita sudah mencapai masa depan teknologi elektronika, namun bisa dikatakan masih dalam perkembangan. Saat ini setiap negara berlomba-lomba untuk melakukan migrasi terhadap beberapa sektor industri maupun pemerintahan agar segera meng-upgrade sistem-sistem yang ada agar dapat bekerja lebih cepat dan otomatis, termasuk Indonesia. 

Hadirnya masa kemajuan teknologi ini akan berdampak pada menurunnya lapangan pekerjaan yang bersifat (repetitif), contoh buruh pabrik yang biasa melakukan packing, pada saatnya nanti kegiatan ini akan digantikan dan dikerjakan oleh robot, sehingga masyarakt Indonesia harus mengantisipasi dan belajar menyesuaikan diri terhadap perkembangan jaman.

Perusahaan dan Karyawan di Industri 4.0

Kebutuhan akan peralatan yang terbuat dari sistem elektronik kian hari mengalami peningkatan yang sangat signifikan, hal ini menjadikan perusahaan yang bergerak dibidang supplier peralatan elektronika menjadi kebanjiran job, mereka berlomba-lomba untuk menjadi yang terdepan dan saling menunjukkan kualitas dan harga yang murah. contoh saja produsen peralatan dan distributor GWINSTEK, perusahaan ini menyediakan banyak sekali peralatan pendukung untuk menciptakan atau memperbaiki peralatan elektronika, hasil penjualan produk Gwinstek akan meningkat dengan hadirnya Industri 4.0, begitu juga perusahaan lainnya yang bergerak dibidang IT atau menerapkan sistem elektronika dan Informatika.

Karyawan yang akan bertahan di era ini adalah karyawan yang mampu berfikir kreatif dan inovatif, pada masa ini orang yang tidak memiliki kreatifitas akan bersaing dengan robot dan mungkin saja akan iri dengan robot, karena robot bisa bekerja selama 24 jam nonstop dengan menunjukkan hasil yang bagus, sedangkan manusia hanya dapat bekerja sesuai dengan kekuatan tubuhnya, dan ketika tubuhnya melemah maka produksi akan menurun sehingga kualitas produk pun akan menurun pula.



Post a Comment

0 Comments

close
www.tutorialiot.com