Cara Mudah Membuat Sensor Tilt (Kemiringan) Dengan Arduino


Sensor Tilt (Kemiringan)

Sesuai dengan namanya sensor ini bekerja dan mengeluarkan sebuah nilai yang dapat dikonversi kedalam bentuk derajat kemiringan suatu benda, sehingga sensor ini akan cocok dipakai untuk memantau atau mengawasi benda yang akan mengalami kendala saat berada dalam keadaan miring.

Sensor ini bekerja pada daya yang sangat rendah, cocok untuk temen-temen yang sedang mengerjakan projek dengan tipe low power device. Pada mulanya sensor ini bekerja dengan memanfaatkan cairan merkuri, hal ini disebabkan merkuri (raksa) dapat bekerja dengan baik karena cairannya cukup padat dan tidak mudah berubah-ubah kondisinya, namun pada akhirnya sensor Tilt ini dilarang karena mengandung zat yang sangat beracun.

Saat ini sensor Tilt terbuat dari sebuah pipa yang di dalamnya terdapat bola kecil yang berfungsi untuk melihat kemiringan, sensor ini bekerja dengan cara yang sangat sederhana, setiap nilai yang keluar dari sensor ini merupakan sebuah nilai analog yang harus dikonversi ulang kedalam bentuk digital agar mudah dibaca oleh mikrokontroller Aduino, meski hasilnya tak sebagus Akselerometer, sensor ini dapat bekerja dengan cukup baik.

Datasheet Sensor Tilt (Kemiringan)

Berikut ini adalah spesifikasi sensor Tilt yang sudah dikemas dalam sebuah bentuk modul dan siap untuk digunakan dan dihubungkan dengan mikrokontroller Arduino.
  • Ukuran PCB 3 x 1,6 cm
  • Tegangan kerja 3,3 - 5 volt
  • Digital Output dengan nilai (1 dan 0) saja
  • Diameter Tabung 3,1 mm
  • Potensiometer untuk sensitifitas sensor

Rangkaian sensor Tilt dengan Arduino




Ada 2 skematik, yang satu merupakan sebuah modul jadi, dan yang satunya lagi merupakan tabung sensor saja, rangkaian ini saya tunjukkan agar temen-temen bisa kondisional dalam memilih sensor. Perhatikan wiring diagram diatas, temen-temen harus hati - hati dalam merangkainya, pastikan polaritas tegangan tidak terbalik, karena akibatnya cukup fatal jika mengenai komponen.

Kode Program (Koding) Sensor Tilt Dengan Arduino

Berikut ini adalah kode program yang biasa dipakai untuk Arduino dalam mendeteksi sebuah nilai kemiringan yang dihasilkan oleh sensor Tilt.

int ledPin = 12;         
int sensorPin = 4;
int sensorValue;
int lastTiltState = HIGH;   // Nilai awal untuk sensor tilt
    
long lastDebounceTime = 0;  
long debounceDelay = 50;    
 
void setup(){
  pinMode(sensorPin, INPUT);
  digitalWrite(sensorPin, HIGH);
  pinMode(ledPin, OUTPUT);
  Serial.begin(9600);
}
 
void loop(){
  sensorValue = digitalRead(sensorPin);
  if (sensorValue == lastTiltState) {
    lastDebounceTime = millis();
  } 
  if ((millis() - lastDebounceTime) > debounceDelay) {
    lastTiltState = sensorValue;
  }
  digitalWrite(ledPin, lastTiltState);
  Serial.println(sensorValue);
  delay(500);
}

Temen-temen perhatikan kode program diatas, ketika mengcopynya jangan sampai ada atribut yang ketinggalan, karena hal tersebut dapat menyebabkan error program compiling terjadi, jika temen-temen ingin kode program yang sudah jadi, bisa download disini.

Terimakasih sudah belajar di Tutorial IoT, semoga menjadi ilmu yang bermanfaat, jika kakak suka, jangan lupa untuk share ke temen-temen lainnya juga ya...


Post a Comment

0 Comments

close
www.tutorialiot.com