Ketika Semuanya Sudah Terhubung ke Internet (INDUSTRY 4.0)

www.tutorialiot.com

Sampai Mana Perkembangan Teknologi Kita Saat Ini?

Kita telah memasuki peradaban teknologi yang cukup tinggi, beberapa kreasi dan inovasi telah membuat kita menjadi lebih nyaman dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Padahal jika dilihat dari komputer PC pertama yang diciptakan oleh Steve Wozniak, perkembangan teknologi belum mencapai angka 50 tahun, namun tak disangka, dunia sudah berada dalam genggaman tangan kita.

Saat dunia berada dalam genggaman tangan kita maka sudah dapat dipastikan maksudnya adalah kita tidak pernah terlepas dari yang namanya smartphone, tanpa sadar salah satu hasil dari perkembangan teknologi ini telah mengubah perilaku, kebiasaan, cara pikir dan bahkan kebudayaan kita, contoh saja yang semula kita hanya dapat berkomunikasi saat bertatapan muka, sekarang kita telah mampu berkomunikasi dari jarak jauh dengan sangat mudah, tidak cuma itu saja, bukan hanya suara yang bisa kita dengar, namun dengan hadirnya teknologi 3G, 4G, dan 5G membuat kita bisa bercakap-cakap layaknya saat sedang bertemu secara langsung.

Smartphone merupakan salah satu perangkat elektronik dari keluarga komputer yang mengalami perkembangan yang sangat pesat, bahkan bisa dibilang hampir setiap orang di muka bumi ini telah memanfaatkan dan memiliki smartphone, perangkat ini telah menghubungkan milyaran orang di dunia ini, dan menciptakan ekosistem terbesar yang biasa disebut dunia maya.


Hadirnya Big Data

Terciptanya ekosistem baru ini membuat banyak sekali infromasi berlalu-lalang, bahkan dalam kurun waktu yang singkat, teknologi pengiriman data berkembang dengan sangat cepat, dimulai dari GPRS, 2G, 3G, 4G, dan 5G. Semua teknologi tersebut dihadirkan guna untuk mengantisipasi banyaknya data yang ditransfer per sekian detik, ketika teknologi tersebut tidak mampu mengimbangi banyaknya data yang dikirim, maka kita semua akan merasa kesal dan koneksi internet menjadi sangat lemot.

Hadirnya Big Data ini bisa disebut sebagai masalah baru yang memberi banyak sekali manfaat, dengan adanya Big Data maka kita semua bisa mendapatkan beberapa hal yang berada diluar perkiraaan kita, bahkan dengan adanaya Big Data ini maka muncullah seorang Data Scientist yang intinya akan melakukan pengolah data yang sebegitu besarnya demi kesejahteraan manusia.

Selain informasi yang dikirim oleh manusia secara langsung, Big Data ini muncul akibat adanya beberapa informasi yang dikirimkan oleh sesama mesin, hal ini sering disebut dengan M2M Communication. mesin saling berkomunikasi dengan tujuan untuk mempercepat kontrol disuatu industri atau bahkan untuk mengendalikan beberapa peralatan yang ada di dalam rumah kita.

Ketika Big Data menjadi lebih besar lagi, maka bukan hanya teknologi pengiriman data yang harus diperbaiki namun teknologi penyimpanan data juga harus semakin ditingkatkan performanya, untuk itu saat ini banyak sekali penyedia layanan "Hosting Terbaik" di Indonesia yang saling berlomba - lomba untuk memberikan pelayanan terbaik mereka kepada masyarakat dunia khususnya Indonesia, salah satunya adalah Niagahoster.


Manusia Melawan Mesin!

Masa ini sudah ada di dalam keseharian kita, bahkan sekarang sedang merangkak berkembang menjadi sebuah raksasa baru di dalam kehidupan kita. Semua menjadi lebih cepat, presisi dan menunjukkan hasil yang bisa dibilang sangat memuaskan. Saat ini hampir semua industri menuju ke dalam dunia tersebut, setiap industri menginginkan terbentuknya sebuah ekosistem baru yang dapat mempercepat dan memperbanyak hasil produksi dengan hasil terbaik, sehingga cara inilah yang tepat menurut mereka.

Semua mesin ini hadir dan tercipta karena didalangi oleh manusia itu sendiri, mereka menciptakan sebuah mesin baru yang sejatinya adalah "lawan" mereka sendiri, ketika semuanya dapat dikerjakan oleh robot/mesin, maka manusia hanya akan menjadi penonton atau pengawas dari mesin tersebut, dan ketika hampir semua pekerjaan bisa dilakukan oleh robot/mesin, maka banyak manusia akan mendapatkan PHK.


Apakah Kita Harus Khawatir?

Manusia adalah makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, kita sudah diberi akal dan fikiran untuk menghadapai segala masalah yang ada di atas muka bumi ini, dan  jawabannya tentu saja kita tidak usah khawatir, karena pastinya pekerjaan yang dapat digantikan oleh robot/mesin adalah pekerjaan yang bersifat repetitif, ini merupakan sifat alami yang dimiliki robot, mereka bukan mesin yang kreatif, dan tentu saja mereka tidak dapat bermimpi dimana dengan mimpi itu manusia bisa menciptaka kreasi dan inovasi yang semula bahkan belum ada.

Jika dilihat dari sudut pandang pemerintahan tentunya hal ini merupakan sebuah Tantangan Revolusi Industri Terbesar yang pernah ada di dunia. Setiap negara akan mengalami krisis ekonomi yang besar ketika manusia mulai digantikan oleh robot yang dapat bekerja 24 jam nonstop dengan cepat, tepat, akurat, tanpa lelah, dan tanpa banyak protes, kemungkinan ini juga menjadi nilai tambah buat para pemilik industri untuk menekan biaya produksi.


Lahirnya Industri 4.0

Ketika kita sudah menjumpai banyak sekali pekerjaan yang dilakukan oleh mesin yang saling terhubung dan terintegrasi melalui jaringan internet maupun RF, maka saat itu kita telah sampai pada perkembangan atau (Revolusi Industri yang ke 4), tentu saja bagi kita yang masih awam dengan istilah ini akan bertanya-tanya apa saja yang akan terjadi pada era Industri 4.0?
Berikut ini adalah 15 prediksi ketika semuanya sudah terhubung dengan internet :

  1. Teknologi transfer data semakin cepat
  2. Teknologi penyimpana data semakin besar
  3. Banyak Manusia bergantung pada mesin
  4. Manusia menjadi semakin malas
  5. Jiwa sosial manusia menjadi lebih berkurang
  6. Manusia lebih banyak menghabiskan waktu di depan layar kaca
  7. Semakin banyak benda yang terhubung ke jaringan internet
  8. Semakin banyak benda yang dapat dikendalikan melalui jaringan internet
  9. Semakin banyak benda yang dapat dipantau melalui jaringan internet
  10. Pekerjaan Manusia digantikan oleh Mesin
  11. Robot dapat bekerja lebih baik dari pada manusia (repetitif)
  12. Munculnya hacker sistem Internet of Things
  13. Banyak data industri yang dicuri
  14. Sistem rentan ditelanjangi oleh kompetitor
  15. Banyak sekali perusahaan dibidang IT yang berdiri

Demikian adalah beberapa penjelasan mengenai era baru teknologi yang saat ini sedang menyusul kita, semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kakak. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada temen-temen kakak ya, dibawah ini ada beberapa tombol sosial media yang bisa kakak manfaatkan untuk share artikel.

Terimakasih sudah mengunjungi Tutorialiot.com....... Salam Sukses!!!!

Post a Comment

0 Comments

close
www.tutorialiot.com