Cara Mudah dan Cepat Belajar RFID MFRC522 Arduino

www.tutorialiot.com

Apa itu RFID?

RFID merupakan singkatan dari (Radio Frequency Identification) dari namanya saja temen-temen sudah dapat megartikan bahwa RFID merupakan sebuah alat yang digunakan untuk melakukan identifikasi suatu benda tanpa harus bersentuhan (menggunakan gelombang radio).

Wajib temen-temen ketahui, RFID tidak selalu berbentuk sebuah kartu pipih, di dunia teknologi seperti ini RFID sudah di produksi dalam berbagai bentuk, bahkan ada yang berbentuk plastik tipis seperti stiker dan bisa ditempelkan dimana saja.

Bagaimana Cara Kerja RFID?

RFID bekerja dengana cara memanfaatkan gelombang radio, kalau dipikir-pikir temen-temen mungkin sudah dapat menyimpulkan bahwa saat ada gelombang radio dipancarkan (transmitter), maka pasti ada penerimanya (receivernya), jadi RFID sendiri merupakan sebuah gabungan dari 2 buah perangkat yakni RFID Tag dan RFID Reader, mari kita bahas saman-sama.

Apa itu RFID Tag?

RFID Tag meruapakan jenis RFID yang melekat pada objek yang biasanya diidentifikasi, jika kita menggunakan kartu RFID maka itu adalah RFID Tag-nya, disini terdapat 2 jenis RFID Tag yang biasa disebut dengan RFID Tag Pasif dan Aktif, untuk RFID Tag Pasif tidak dibutuhkan sebuah energi listrik (baterai) sedangkan RFID Tag Aktif membutuhkan daya listrik (baterai) agar dapat bekerja.

Selain itu RFID Tag juga ada yang berfungsi sebagai Read Only (dapat dibaca saja) dan Read Write (dapat dibaca dan ditulis ulang). RFID Tag berisi sebuah informasi dengan kode unik di dalamnya dan hanya bisa dilihat oleh alat yang bernama RFID Reader.

Apa Itu RFID Reader?

RFID Reader adalah sebuah perangkat yang dapat digunakan untuk melakukan pembacaan atau identfifikasi RFID Tag, terdapat dua jenis RFID Reader, jika pada RFID Tag ada yang Aktif dan Pasif maka untuk RFID Reader pun sama ada yang Aktif dan Pasif.

RFID Reader Aktif

RFID jenis ini bekerja dengan cara memancarkan sinyal interogator dan menerima sebuah balasan dari RFID Tag, jika dilihat dari fungsinya, sinyal interogator ini juga akan menginduksi sebuah RFID Tag sehingga menghasilkan sebuah sinyal DC yang dapat dijadikan sumber daya dari RFID Tag Pasif.

RFID Reader Pasif

Pada RFID Reader Pasif cara kerjanya simpel dan hanya dapat menerima sinyal radio dari RFID Tag Aktif yang menggunakan baterai (memiliki sumber daya), perangkat ini memiliki beberapa keuntungan, salah satunya adalah RFID Reader Pasif dapat menerima sinyal hingga jarak 600 meter sehingga cocok untuk dipasang pada daerah yang memerlukan sistem perlindungan dan pengawasan aset.

RFID MFRC522 dan Arduino

Setelah temen-temen sedikit memahami tentang RFID diatas, maka langkah selanjutnya adalah mempraktekkannya kedalam kehidupan kita, hehehe. disini temen-temen diharapkan sudah menyiapkan beberapa perangkat seperti :

1. Arduino Uno
2. RFID Tag
3. RFID Reader MFRC522
4. Kabel Jumper
5. Kabel USB untuk upload program dari PC ke Arduino

Setelah semua terkumpul, silahkan temen-temen membuat rangkaiannya, perhatikan gambar di bawah ini :

www.tutorialiot.com

Setelah semuanya terhubung jangan terburu-buru untuk mencolokkan kabel usb arduino ke PC ya, pastikan polaritas tegangan tidak ada yang terbalik karena kesalahan ini dapat merusak sebagian atau keseluruhan sistem, so hati-hati ya, kan sayang jika buang-buang uang.

Menyiapkan Kode Program RFID MFRC522 ke Arduino


Sebelum melakukan pemrograman, pastikan temen-temen sudah memiliki aplikasi Arduino IDE yang terinstall di PC, laptop, atau HP temen-temen. apabila temen-temen sudah memilikinya, maka langkah selanjutnya adalah mendownload sebuah library khusus untuk RFID MFRC522, silahkan download disini.

Cara Instal Library Arduino IDE

Siapkan File Library dalam bentuk RAR yang sudah di download sebelumnya, letakkan pada folder Documents > Arduino > Library, install library tersebut pada aplikasi Arduino IDE dengan cara :
1. Buka Aplikasi Arudino IDE
2. Pilih Menu Sketch
3. Sorot ke Bawah dan pilih Include Library
4. Maka Menu akan bergeser ke kanan, pilih Add.Zip Library...
5. Pilih File Library dan klik "Open"

Kode Program RFID MFRC522 Arduino

Silahkan donwload kode programnya disini atau langsung saja copy kode program di bawah ini. 

/*
 * Selamat Datang Di www.tutorialiot.com
 * Silahkan menggunakan kode program dibawah ini dengan bijak
 * perhatikan parameter yang digunakan agar tidak terjadi error compiling maupun uploading
 */
#include <SPI.h>
#include <MFRC522.h>
#define SS_PIN 10
#define RST_PIN 9
MFRC522 mfrc522(SS_PIN, RST_PIN);   
void setup() 
{
  Serial.begin(9600);   
  SPI.begin();     
  mfrc522.PCD_Init();   
  Serial.println("Dekatkan Kartu RFID Tag Pada RFID Reader...");
  Serial.println();

}
void loop() 
{
  // Digunakan untuk melihat kartu baru
  if ( ! mfrc522.PICC_IsNewCardPresent()) 
  {
    return;
  }
  // Memilih salah satu kartu
  if ( ! mfrc522.PICC_ReadCardSerial()) 
  {
    return;
  }
  //Menampilkan UID RFID Tag pada serial Monitor
  Serial.print("UID tag :");
  String content= "";
  byte letter;
  for (byte i = 0; i < mfrc522.uid.size; i++) 
  {
     Serial.print(mfrc522.uid.uidByte[i] < 0x10 ? " 0" : " ");
     Serial.print(mfrc522.uid.uidByte[i], HEX);
     content.concat(String(mfrc522.uid.uidByte[i] < 0x10 ? " 0" : " "));
     content.concat(String(mfrc522.uid.uidByte[i], HEX));
  }
  Serial.println();
  Serial.print("Message : ");
  content.toUpperCase();
  if (content.substring(1) == "BD 31 15 2B") 
  {
    Serial.println("Akses Telah Disetujui");
    Serial.println();
    delay(3000);
  }
 else   {
    Serial.println("Akses Ditolak");
    delay(3000);
  }


Terimakasih sudah membaca tutorial "Cara Mudah dan Cepat Belajar RFID MFRC522 Arduino" semoga menjadi ilmu yang bermanfaat, silahkan untuk membagikan artikel ini jika dapat memberikan manfaat kepada banyak orang, salam sukses buat temen-temen.

Post a Comment

0 Comments

close
www.tutorialiot.com